Kunjungan dari BPTU HPT Padang Mangatas Kementerian Pertanian Republik Indonesia



Kunjungan dari BPTU HPT Padang Mangatas Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Siak Hulu 20 januari 2023, UPT Pengambangan Ternak dan Pakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, pada tanggal 19 Januari 2023 menerima kunjungan dari BPTU HPT Padang Mangatas Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Rombongan tiba di UPT Pengembangan Ternak dan Pakan Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar sekitar pukul 15.00, setelah sebelumnya diterima oleh Bapak Herman, SE,MT, selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau di yang berkantor di jalan Patimura no 2 Pekanbaru.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau dengan BPTU HPT Padang Mangatas Kementrian Pertanian Republik Indonesia yang ditandatangani pada tanggal 11 maret 2022 oleh Bapak Herman, SE, MT selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau dengan Bapak Dani Kusworo, S.Pt, M.Si selaku Kepala BPTU-HPT Padang Mangatas. Kunjungan yang dipimpin oleh Bapak Alhendri, merupakan moment awal pembinaan yang diberikan oleh BPTU HPT Padang Mangatas kepada UPT Pengembangan Ternak dan Pakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau.

Dalam kunjungan tersebut UPT Pengambangan Ternak dan Pakan mendapat saran saran positif dan berharga antara lain, dukungan moral untuk memperkuat pemenuhan pakan, mempelajari rumput yang mampu beradaptasi dengan lingkungan UPT sehingga tidak perlu memaksakan suatu jenis tertentu, dan perlu melengkapi peralatan seperti Ekskavator untuk menata ulang lahan budidaya rumput gajah, Rotaslasher (pemotong rumput pastura), Manure Spreader ( mesin penebar pupuk kandang) sehingga mempermudah pekerjaan yang tidak lagi dapat mengandalkan tenaga manusia saja.

Dalam kunjungan itu juga, Bapak Alhendri dari menyampaikan surat undangan pelatihan Inseminasi Buatan yang diselenggarakan oleh BPTU HPT Padang mangatas tahun 2023. Kepala UPT Pengembangan Ternak dan Pakan, dalam komentarnya menyatakan kegembiraannya atas kedatangan pembinaan pertama dari BPTU HPT Padang Mangatas, dan mengharapkan pembinaan yang lebih banyak lagi, karena UPT ini dicita citakan menjadi center of excellent peternakan di Riau.
(Zulkarnain hasan)

Program Provinsi

TOP