Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau



Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau

Asuransi Ternak Sapi dan Kerbau (AUTS/K) adalah salah satu produk asuransi dukungan dari pemerintah, pihak yang menyelenggarakan yakni Jasindo Agri. Adapun salah satu program dari korporasi satu ini memberikan perlindungan pada petani dan peternak dan supaya bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam menjalani kegiatan usaha. Sehingga, mereka bisa memusatkan fokusnya dengan pengelolaan usaha tani maupun peternakan dengan maksimal dan menguntungkan tentunya.

Menurut Kepala Bidang Agribisnis Peternakan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Drs. Heri Afrizon, M. Si. Program asuransi ternak sapi dan kerbau telah masuk Provinsi Riau sejak tahun 2017 dan telah melindungi puluhan ribu ekor ternak sapi dan kerbau di Provinsi Riau. Di tahun 2020 saja tercapai sejumlah 1.878 ekor ternak sapi dan kerbau (khusus indukan program pemerintah) yang digratiskan oleh pemerintah Provinsi Riau, dan itu belum termasuk peternak yang mengikuti program ini  secara mandiri atau swadaya.

Asuransi ternak sapi dan kerbau adalah bentuk perlindungan usaha yang memberikan proteksi bagi peternak sapi yang bisa mendapatkan ancaman risiko seperti kematian sapi karena penyakit, kecelakaan, kehilangan akibat pencurian, maupun kematian akibat beranak. Karena merupakan salah satu program yang didukung oleh pemerintah, premi asuransi ternak sapi ini tentu sangat terjangkau untuk masyarakat. Bagaimana tidak hanya dengan membayar premi Rp.200.000/ tahun dapat perlindungan proteksi asuransi dalam setahun penuh untuk usaha peternakannya, ungkapnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Drh, Rahmat Setiyawan, menargetkan sebanyak 4.000 ekor sapi dan kerbau betina produktif akan diberikan perlindungan asuransi secara gratis pada tahun 2021 ini, dengan syarat ternak terdaftar dalam ISIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan NAsional) dan ternak berumur diatas 1 tahun. “Peternak dapat mendatangi kantor Dinas Peternakan Kabupaten/ Kota daerah masing-masing untuk mendapatkan asuransi secara gratis atau mendatangi kantor JASINDO di daerah masing-masing untuk asuransi secara swadaya,” ujar Rahmat.(rmt).

Kontributor : Drs. Heri Afrizon, M. Si

Editor : Donny Aprizal, S. Pt

 

Program Provinsi

TOP