Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Terima Penghargaan Terbaik Sebagai Provinsi Dengan Performans Pelaporan Kasus Rabies



Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Terima Penghargaan Terbaik Sebagai Provinsi Dengan Performans Pelaporan Kasus Rabies

Dalam rangka peringatan World Rabies Day (WRD) yang diperingati tanggal 28 September sebagai salah satu upaya dalam mendukung pengendalian dan pemberantasan rabies di Indonesia, Kementerian Pertanian bersama Kementerian KOordinator Bidang Pembanganunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelengarakan kegiatan WRD secara virtual pada tanggal 28 September 2020.
Dalam acara puncak peringatan tersebut diberikan sejumlah penghargaan pada sector Kesehatan Masyaratak dan sector Kesehatan Hewan. Adapun dari sektor Kesehatan Hewan penghargaan diberikan kepada wilayah dengan perfoma pelaporan terbaik.
Ada 2 (dua) kategori penilaian yaitu pelaporan untuk daerah endemis (ada kasus rabies) dan daerah bebas rabies. PRovinsi yang menerima penghargaan tersebut antara lain Riau, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.
Sertifikat Penghargaan diberikan kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau atas prestasinya sebagai wilayah dengan performa terbaik atas pelaporan kasus rabies di iSikhnas. Penghargaan diberikan secara virtual dan diserahkan kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, drh. Rahmat Setiyawan.

Penghargaan pelaporan terbaik penanggulangan kasus rabies di iSikhnas dikarenakan, Provinsi Riau melalui jajaran dinas pelaksana fungsi Kesehatan Hewan Kabupaten/Kota, melakukan gerak cepat menangani, melaporkan, dan menindaklanjuti setiap kasus gigitan melalui prinsip 3E (early detect, report, dan respon). Setiap petugas yang menangani kasus rabies melaporkan perkembangan kasus rabies hingga tuntas ke dalam Sistem Kesehatan Hewan Nasional yaitu iSIKHNAS.

Kontributor : drh. Adrian Permana

Editor : Donny Aprizal, SPt

Photo

Program Provinsi

TOP