Kelompok Peternak Karya Lestari Bangun Rumah Pengolahan Susu



Kelompok Peternak Karya Lestari Bangun Rumah Pengolahan Susu

Sapi perah merupakan salah satu sumber penghasil bahan makanan berupa susu yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan penting artinya dalam kehidupan masyarakat. Persediaan dan permintaan susu di Indonesia terjadi kesenjangan yang cukup besar, kebutuhan atau permintaan jauh lebih besar daripada ketersediaan yang ada, termasuk Provinsi Riau.

Melihat kesenjangan dan peluang tersebut, Kelompok Peternak Karya Lestari Desa Beringin Makmur Kec. Kerumutan Kab. Pelalawan sedang membangun Rumah Pengolahan Susu yang nantinya akan memenuhi persedian dan permintaan susu segar di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Pelalawan. “Alhamdulillah, permintaan susu kita sudah sampai ke Pekanbaru dan Siak,” ujar Beni Manggolo Ketua Kelompok Peternak Karya Lestari saat ditemui, Selasa (8/9/2020) di Kerumutan.

Menurut Kasi Pengawasan Keamanan Produk Hewan Dinas PKH Provinsi Riau drh. Ade Rukmantara, pembangunan Rumah Pengolahan Susu ini harus mengikuti  PERMENTAN No. 11 Tahun 2020 tentang Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner Unit Usaha Produk Hewan, karena Susu harus memenuhi syarat-syarat kesehatan dan kebersihan, dan susu merupakan media yang baik bagi pertumbuhan mikroba. “Susu mudah rusak bila penanganannya kurang baik, sehingga mempunyai masa simpan relatif singkat.” Ujar Ade.

Menurut Pak Beni, Rumah Pengolahan Susu yang dibangun permanen ini akan menampung produksi susu kelompok yang telah mencapai sekitar 130 liter per hari, “Dengan populasi sekarang 49 ekor sapi, kita seharusnya bisa tingkatkan produksi, namun karena kondisi pandemi sekarang, permintaan susu menurun dikarenakan sekolah-sekolah banyak yang tutup,” ujar Beni.

Kelompok Peternak Karya Lestari

Desa Beringin Makmur

Kec. Kerumutan

Kab. Pelalawan

Beni Manggolo (wa. 0822 5151 9992)

 

Kontributor:

Donny Aprizal, SPt

Photo

Program Provinsi

TOP